Siti Fatimah

Menjadi manusia yg lebih berati dg menulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Hikmah PAT di Era Pandemi

Alhamdulillah PAT telah berakhir kemaren. Sebagai wali kelas saya harus memantau kehadiran siswa setiap hari dan setiap sesi. Karena berbedanya pelaksanaan PAT untuk tahun ini yang cukup menguras energi untuk setiap waktu stan by. PAT  secara online telah diterapkan sejak tanggal 3 -10 Juni, maklum sekolah saya adalah MAN I Mojokerto secara otomatis akan ada plus dalam mata pelajaran secara khusus yakni mata pelajaran agama yang terpecah menjadi beberapa mata pelajaran.

Habis sholat subuh sudah harus mengingatkan siswa untuk siap siap sampai sore mengingatkan untuk belajar persiapan besok. Ada beberapa siswa yang lumayan membuat kisah dramatis yang tidak bisa hadir saat PAT. Salah satunya adalah ketiduran. Sampai waktu tinggal 20 menit tak juga muncul padahal telpon dari saya sudah seambrek masuk. Sampai temannya yg dekat dengan rumahnya saya minta untuk nyamperi sambil mengerjkan PAT. Ngemesin bukan ternyata dirumah masih tidur dan orang tuanya sudah berangkat kerja. 

Yah ..itu salah satu kisah kecil untuk saya ada siswa yang gemesin dan ada lagi yg lainnya dengan kisah yang berbeda.

Sekarang semua sudah selesai panitia sudah membuat group watshap khusus untuk mengunduh nilai PAT. Inilah kemudahan teknologi gak perlu koreksi yang menyita waktu. Meskipun ada kolom uraian tersendiri namun itu tidak membebani sama sekali.

Teknologi telah membantu tugas guru begitu mudahnya. Mengajar dan mengevaluasi secara online semua sudah diterapkan. Meskipun semua terjadi karena dampak dari covid-19 namun dibalik itu telah membuka mindset semua guru, orang tua dan siswa bahwa belajar tidak harus di sekolah. 

Mari kita menyongsong perubahan yang pastinya akan melaju seiring perkembangan zaman. Menjadi guru idaman dengan memahami siswa yang kita hadapi adalah siswa yang tumbuh dan berkembang bersamaan dengan berkembangnya teknologi digital.

Guru harus melek IT dalam bahasa pendidikan sudah kita dengar hampir sepuluh tahun yang lalu. Baru mampu benar-benar diimplementasikan tahun 2020. Inilah hikmah dibalik pandemi.

Semoga untuk kedepannya pendidikan di Indonesia semakin maju dan gurunya semakin profesional di bidangnya dalam menggunakan teknologi yang tepat guna.

 

Semangat berkarya

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post