Siti Fatimah

Menjadi manusia yg lebih berati dg menulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web
TRIK MENGGALI IDE TULISAN

TRIK MENGGALI IDE TULISAN

Sebuah tulisan tanpa ide bagaikan raga tanpa nyawa. Sering kita ingin menulis namun ide rasanya buntu. Yang ditulis itu-itu saja yang terkesan monoton.com.Lalu bagaimana bisa menggali ide sebuah tulisan? nah kita akan mempelajari sebuah trik bahgaimana menggali ide tulisan sehingga tulisan kita enak dan renyah dibaca. Eits kayak makanan aja ya tulisan kok renyah. Tulisan renyah yang dimaksud adalah tulisan yang membuat pembaca jadi kesensem jika membaca alias klepek-klepek dan ingin terus mengikuti atau memfollow sang penulis. Wow keren dong siapa yang gak pengen jadi penulis yang digandrungi pembaca.

Ide tulisan disebut juga dengan topik, pokok pembicaraan atau masalah yang diangkat. Oleh karena itu ide harus ditentukan sebelum kita mulai menulis. Jika kita menulis dulu baru cari ide didalamnya bisa jadi nano-nano dong. Tanpa ide kita tidak dapat menghasilkan tulisan yang bagus. Tentu kita sering mengalaminya dimana saja kita berada terkadang ide nyelonong tanpa permisi. itu namanya ide yang nakal sebab datang tanpa diundang.

Mari kita pelajari bagaiman trik menggali ide tulisan. Mengikat ide dengan menuliskannya merupakan senjata ampuh bagi penulis. Kenapa demikian? Menangkap ide ibaratnya kita berburu di hutan belantara, jika salah menangkap pasti buruan akan kabur. Pada dasarnya ide itu bersumber dari pengalaman pribadi, penelitian atau hasil imajinasi. jadi bisa dikatakan sumber ide akan selalu mnghampiri kita oleh karena itu jangan pernah katakan ide buntu.

Ide tulisan dapat digali melalui

1. Mengamati lingkungan sekitar

Mengamati lingkungan sekitar artinya kita mengoptimalkan panca indra kita. Dari melihat oleh indra penglihatan, dari mendengar oleh pendengaran, dari merasakan dari panca indra perasa. serta bagaimana kita bisa mengolah pikiran kita dari berbagai kejadian yang kita lihat, kita dengar dan kita rasakan disekitar maka itu merupakan bahan dasar ide yang akan kita olah dengan ditaburi imajinasi. wes mantap.

2. Membca berbagai literasi

Kunci dasarnya adalah membaca, karena membaca adalah mata pena seorang penulis. Tanpa membaca penulis akan kehilangan penanya. Membaca bebrbagai literasi, literasi manual(buku teks) ataupun bentuk digital. Sering membaca tulisan orang lain akan menambah inspirasi untuk menulis. Dari ide dan pola tulisan bisa kita adopsi dan dikemas dengan bahasa ala kita.

3. Melakukan diskusi

Seorang penulis yang sudah tenar saja masih butuh diskusi dengan orang lain untuk mendapatkan informasi yang akan merangsang ide menulis. Apalagi yang masih pemula, harus lebih banyak membaca dari berbagai sumber.

4. Mengembangkan daya kreatif imajinasi

Wow kalu ngomongin imajinasi so pasti setiap orang punya kehebatan sendiri sendiri meskipun imajinasinya beragam kandungan isinya. Tuntutan untuk berimajinasi kalia ini adalah kehebatan seorang penulis memasukkan daya imajinasinya terhadap sebuah ide sehingga tulisan itu akan bisa membuka mata sang pembaca dan menjadi jalan keluar ataualternatif melalui tulisan kita. lebih cenderung kemanfaatan imajinasi yang disematkan diantara ide yang muncul

Okey itulah trik menggali ide tulisan. Bagi yang baru memulai yok lebih semangat. gunakan trik ini agar menjadi penulis yang sukses.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

I'll try. Thanks so much

08 Jun
Balas

Semangat mari belajar bersama2. Makasih Bu komentarnya.

08 Jun
Balas

Dari yg 4 diatas..Buk siti yg mana yg sering muncul ide nya.hee

09 Jun
Balas

Saya paling sering dr lingkungan+literasi+imajinasi. Saya lebih kekolaborasinya. Maaf

10 Jun

Saya paling sering dr lingkungan+literasi+imajinasi. Saya lebih kekolaborasinya. Maaf

10 Jun

Saya paling sering dr lingkungan+literasi+imajinasi. Saya lebih kekolaborasinya. Maaf

10 Jun

Saya paling sering dr lingkungan+literasi+imajinasi. Saya lebih kekolaborasinya. Maaf

10 Jun

Saya paling sering dr lingkungan+literasi+imajinasi. Saya lebih kekolaborasinya. Maaf

10 Jun

Saya paling sering dr lingkungan+literasi+imajinasi. Saya lebih kekolaborasinya. Maaf

10 Jun



search

New Post