Siti Fatimah

Menjadi manusia yg lebih berati dg menulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web
KENISCAYAAN GURU MENGAJAR SIAP BELAJAR

KENISCAYAAN GURU MENGAJAR SIAP BELAJAR

Tepatnya 25 Juni saya bergabung dengan group belajar menulis di Majalah Literasi Indonesia gelombang 2, Tak mampu saya berkata-kata selain rasa syukur telah diperkenankan untuk belajar bersama. Terima kasih saya ucapkan pada Bapak Muhammmad Ihsan selaku CEO Media guru dan Gurusiana. Disamping pak Ihsan ada orang-orang hebat seperti Mas Eko dan Om Roy juga TIM yang lain, ditambah lagi teman-teman yang super heboh penuh inovatif untuk mau menjadi sosok guru diatas rata-rata dengan menulis.

Minggu 5 Juli 2020 webinar IV dilaksanakan dengan tema” Berani Mengajar, Siap Belajar”. Sebuah tema yang luar biasa karena mengandung makna yang sangat dalam. Sebuah tanggung jawab yang harus diemban oleh semua guru untuk mau berubah dan merubah mindset bagaimana pembelajaran yang yang tepat untuk siswa di abad 21 ini. Abad digital semua aktifitas telah mampu terkafer olehnya terlebih pada dunia pendidikan.

Wibinar IV dilaksanakan secara live streaming via Media Guru TV youtube channel. Mungkin selama ini kita mengikuti webinar dengan aplikasi zoom atau pada youtube. Itulah salah satu kehebatannya Media Guru yang mempunyai ciri khas lain dari yang lainnya. Sebagai host nya mas eko, sosok yang mempunyai talenta tersendiri. Selain hebat juga sering buat paserta kena prank, intinya ngemesin.com. namun semua peserta sangat senang mungkin itulah salah satu kelebihannya selain menulis.

Ada kutipan yang membuat saya seakan di cambuk untuk sadar” Siapa yang berani mengajar, dia tidak berhenti belajar”(Jhon Colton Dare). Bapak Ihksan menyampaikan bahwa di masa pandemi guru harus selalu siap dan beradaptasi dengan segala perubahan, serta mempunyai fleksibilitas untuk segala perubahan. Saat ini internet merupakan tulang punggung yang harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk melayani hak peserta didik.

Dilanjutkan dengan penyampaian materi dari lima instruktur Nasional Media Guru Indonesia yang luar biasa. Dr, Ariana Pudjiastutik, S.Pd, M.M., Nur Aini, S.Pd, M.Pd, Bangun Pracoso,S.Pd, M.Pd dan Pipit Pujiastutik, M.Pd, M.M. Adapun materi yang beliau sampaikan menurut saya sangat berbobot. Bagaimana menyusun dan menentukan kelas PTK dan PTS, Menyusun Best Pracise dengan benar dan merubah PTK menjadi sebuah buku yang luar biasa. Inilah jawaban pertanyaan bagi beberapa guru yang masih belum memahami PTK, PTS, Best Practise dan arti sebuah buku.

Bahkan dibuka pelatihan sekaligus bimbingan selama satu bulan sampai menghasilkan karya. Sebuah terobosan yang membanggakan untuk menjadikan tenaga pendidik yang handal dan siap belajar dalam keadaan apapun. Pandemi tak melunturkan semangat guru untuk belajar. Bahkan mampu memacu adrinalinnya untuk tetap semangat dan berkarya.

Hingga waktupun berakhir sebelum ditutup ada quiz melalui live chat youtube, sebanyak duabelas peserta yang diberikan dengan hadiah berupa beasiswa menulis di Media Guru Indonesia. Meskipun saya ikut chat namun tetap kalah cepat menjawab mungkin karena chat pakai laptop jadi sedikit ribet dangan laptop yang usianya tak mudah lagi. Benar yang disampaikan oleh Bapak Encon bahwa’’ Tulisan bisa di copy namun rizki tidak dapat dipaste”. ini merupakan pengingat kita sebagai manusia untuk tetap bersyukur dan berusaha.

Kegiatan Webinarpun ditutup oleh sang host yang heboh dan ngemesin tapi keren abis, dengan segala ciri khasnya mampu menggoncangkan dunia belajar di literasi Indonesia. Sukses selalu untuk Media Guru Indonesia kebaikan selalu mendatangkan berkah. SEMANGAT BERKARYA MENJADI GURU DIATAS RATA-RATA DENGAN MENULIS

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Keren Bu....salam literasi

06 Jul
Balas

Makasih Bu

06 Jul

Keren Bund, terima kasih berbaginya. Smg semakin sukses...

06 Jul
Balas

Aamiin makasih Bu mau terima kasih mau mampir ke blog saya dan komen

06 Jul

Mantab bun, tapi yang kemaren webinar VI bun, salam

06 Jul
Balas

Ingge suwun Bu masukannya

07 Jul

Bagus, lanjut

06 Jul
Balas

Siap belajar

06 Jul

Iya bunda makasih diingatkan salah ketik

06 Jul
Balas

Bagus sekali tulisannya... , paparannya lengkap sayang , mungin bisa di golongkan dalam reportase nya kalau informasi webinar kemarin , edit aja nggak papa , maaf nggi moga berkenan

06 Jul
Balas

Alhamdulillah. Matur nuwun sanget masukannya. Saya sangat senang bunda

06 Jul

Semangaaat Bunda. Mohon maaf, tanggal 5 Juli webinar ya, bukan 5 Juni

06 Jul
Balas

Ingge bunda makasih salah ketik

06 Jul



search

New Post