Siti Fatimah

Menjadi manusia yg lebih berati dg menulis ...

Selengkapnya
Navigasi Web

SEBERKAS CAHAYA MENYAPA

Tepatnya pukul 06.30 ada email masuk, sebuah berita yang menggembirakan. Mimpi saya telah terkabul salah satu artikel telah termuat oleh Radar Mojokerto. Selama ini saya selalu berharap cemas bahkan hampir putus asa. Ada sebuah kalimat yang memenuhi pikiran selama ini, Apakah saya tidak bisa menulis artikel yang mampu di terbitkan koran?

Kini semua telah terjawab. Artikel saya tulis setelah ada bimbingan dari pengawas tentang kurikulum darurat. Direktur Kurikulum, Sarana Kelembagaan, dan Kesiswaaan (KSKK) Madrasah Bapak Ahmad Umar, menjelaskan bahwa Kementerian Agama melelaui surat keputusan Dirjen Pendis Nomor.2791 Tahun 2020, tertanggal 18 Mei 2020 tentang panduan kurikulum darurat pada Madrasah. Serta melakukan terobosan pembelajaran inovasi berupa aplikasi E-Learning Madrasah. Beliau berharap dengan Panduan dan E-Learning madrasah, pembelajaran pada masa darurat berjalan dengan baik dan optimal. Karena siswa harus mendapatkan layanan Pendidikan dan pembelajaran.( Jakarta, Selasa 26/05).

Pada dasarnya Indonesia dalam keadaan apapun pembelajaran harus tetap berjalan demi memenuhi hak anak. Dan guru berkewajiban melayaninya. Guru harus siap menghadapi segala perubahan dan beradaptasi dengan kurikulum. Banyak langkah yang bisa dilakukan untuk memenuhi hak anak tanpa harus membebaninya. Beban mengajar yang biasanya 51 di Kementerian Agama bisa dikondisikan menjadi 50% dengan cara memetakkan materi yang esensial dan non esensial.

Disinilah butuh kepiawaian serang guru mengolah kelas di era pandemi. Internet saat ini merupakan jembatan emas untuk mengantarkan anak didik menjadi manusia yang berakhlakul karimah, cerdas, aktif dan kreatif. Sebagai guru yang sudah berani mengajar maka harus belajar. Seperti kutipan yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Ihsan CEO Media guru dan gurusiana “Siapa yang berani mengajar, dia tidak berhenti mengajar”(Jhon Colton Dare).(5/7/20)

Masa pandemi guru harus siap untuk beradaptasi dengan segala perubahan serta mempunyai fleksibilitas untuk segala perubahan. Internet merupakan tulang punggung yang harus benar-benar dimanfaatkan dengan baik untuk melayani hak peserta didik yaitu hak mendapatkan pendidikan.

Tak ada yang mampu merubah keadaan yang terhimpit oleh pandemi kecuali diri kita sendiri, sebagai manusia sosial, berbudi dan memiliki norma untuk senantiasa berjuang melawan keterpurukan untuk menggapai kemenangan hati. Selama bisa lakukan kebaikan maka dahulukanlah agar memiliki ketengan lahir dan bathin. Semangat berkarya menjadi guru diatas rata-rata dengan menulis

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Mantap, salam literasi

06 Jul
Balas

Makasih mari berkarya

06 Jul

Mantap. Salam literasi

06 Jul
Balas

Makasih mari berkarya

06 Jul

Makasih mari berkarya . Sukses unt kita

06 Jul
Balas

Keten banget sayang sujses selalu ya ibu cantik

07 Jul
Balas

Selamat!

06 Jul
Balas

Makasi selamat berkarya

06 Jul



search

New Post